Enter your keyword

SIMULASI PENGADAAN BARANG/ JASA ITB 2021

SIMULASI PENGADAAN BARANG/ JASA ITB 2021

SIMULASI PENGADAAN BARANG/ JASA ITB 2021

ITB, Bandung. Pada (Kamis 12/08), UPT Pengadaan ITB melaksanakan Kegiatan Simulasi Pengadaan Barang/ Jasa yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Pelarihan dan Sertifikasi Pengadaan Barang/ Jasa di lingkungan ITB. Simulasi pengadaan barang/ jasa adalah pengarahan serta praktik lebih lanjut dari pemaparan teori dari pelatihan yang sebelumnya diikuti. kegiatan kali ini menjelaskan lebih teknis implementasi proses pengadaan khususnya jalur unit kerja, mulai dari penyusunan dokumen di tahap perencanaan, kemudian di tahap pemilihan penyedia sampai di kontrak dan serah terima pekerjaan. Selain sebagai sarana pengarahan implementasi teori, simulasi juga bertujuan memberikan teknis serta gambaran untuk kegiatan magang yang akan diikuti peserta paska mengikuti kegiatan simulasi. 

Kegiatan simulasi ini diselenggarakan melalui media teleconference zoom. Peserta yang bergabung berjumlah 82 orang.  Kepala Bidang Umum dan Pengelolaan Pengadaan UPT Pengadaan ITB, Atty Saraswati, ST menjadi narasumber dalam kegiatan kali ini. Berbeda dengan tahun sebelumnya, Kegiatan Simulasi PBJ kali ini menerapkan ruang kelas atau breakout room dalam pelaksanannya. Peserta pertama-tama akan menyimak pemaparan materi dari narasumber lalu dilanjutkan dengan pemindahan ruang kelas atau breakout room dimana peserta diminta pindah ke ruang masing-masing sesuai kelompok yang telah ditentukan. Dalam breakout room ini sudah dihadiri oleh mentor atau pembimbing kelompok yang bertugas memberikan arahan lebih teknis seperti dokumen-dokumen pendukung dan template untuk kelancaran kegiatan Magang yang akan diikuti oleh peserta. 

Pada awal pemaparan, Atty Saraswati, ST selaku narasumber sedikit mengulas mengenai pelaksanaan pengadaan sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya pada pelatihan PBJ, yang meliputi tahap persiapan pengadaan hingga tahap pelaksanaan kontrak. Selanjutnya beliau menjelaskan mengenai dokumen dan berita acara pengadaan jalur unit kerja dengan metode e-purchasing, dimulai dari dokumen penetapan HPS yang disusun oleh PRP ditetapkan oleh PJK, sampai dengan dokumen Berita Acara Serah Terima Pekerjaan (BAST) yang dibuat oleh PJK. Masuk dalam pembahasan inti, narasumber memberikan kasus simulasi pengadaan yang masuk dalam jasa lainnya.Narasumber disini memberikan bagaimana menyelesaikan kasus tersebut disertai penjelasan secara bertahap. Setelah pemaparan narasumber berakhir, peserta diarahkan untuk menyimak penjelasan dari para mentor nya masing-masing pada breakoutroom.  Akhir sesi peserta diberikan kesempatan untuk tanya jawab maupun berdiskusi dengan narasumber serta para mentor. disamping itu panitia menginformasikan tanggal mulai serta pengumpulan tugas magang.